Monday, July 23, 2012

tips cara mengatasi stress

Stress merupakan suatu masalah dimana pikiran kita yang terbebani oleh berbagai macam masalah. Masalah ini bukan hanya terdapat di orang dewasa saja, bahkan anak kecil pun dapat mengalami stress. Namun yang membedakannya yaitu jenis masalah yang dihadapi. Biasanya orang dewasa stress karena pekerjaan maupun masalah rumah tangga, namun pada anak kecil sampai remaja biasanya mengalami stress karena pelajaran dan masalah pacar.

tips cara mengatasi stress

cara mengatasi stress

tips cara mengatasi stress
Tidak dapat kita pungkiri bahwa masalah ini sangat mengganggu kehidupan kita. Untuk mengatasi stress biasanya kita harus menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi. Tapi tenang saja, jika kita belum dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kita hadapi, stress dapat kita atasi sambil berusaha menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

catatan runov akan memberikan tips cara mengatasi atau menghilangkan stress seperti berikut:

tips cara mengatasi stress

1.  Tidur teratur
Tidur selain dapat memulihkan tubuh Anda, juga dapat membantu mengatasi masalah stress. Ketahanan tubuh pun akan baik apabila waktu tidur anda cukup. Namun anda harus mengatur dengan baik waktu tidur, jangan sampai waktu tidur berlebihan karena hal ini dapat membuat tubuh anda lesu.

tips cara mengatasi stress

2.  Berpikirlah positif
Bergaul di lingkungan yang menyebar aura positif akan membantu Anda untuk mengatasi stress. Hindari pergaulan yang memacu sifat pesimis dan pikiran negatif Anda. Berpikir positif dan optimis menghadapi masalah adalah jalan terbaik untuk menghindari dan mengatasi stress.
tips cara mengatasi stress
3.  Tertawalah selagi tertawa tidak di haramkan :D
Tertawalah untuk menghibur diri Anda yang sedang menghadapi masalah-masalah berat. Tetapi sangat saya sarankan untuk tidak tertawa sendiri atau tanpa sebab. Sebaiknya ajak teman mengobrol sambil bercanda di sela-sela obrolan. Apabila anda tidak ada teman untuk mengobrol, banyak jalan untuk tertawa menghibur diri seperti menonton acara lawak di televisi atau bisa membaca cerita-cerita lucu di internet.

tips cara mengatasi stress

4.  Meditasi / relaksasi
Meditasi bukan hanya dapat membantu anda mengatasi masalah stress, namun cara ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sudah terbukti kebenarannya.Untuk cara meditasi sangat mudah, anda hanya perlu menarik nafas dalam-dalam dan kosongkan pikiran Anda. Ulangi cara ini sesaat Anda sedang melakukan meditasi.
tips cara mengatasi stress
5.  Olahraga
Olahraga tidak hanya sekedar menyehatkan bagian tubuh-tubuh kita seperti sistem kardiovaskular, kekebalan tubuh, jantung, otot, dan lain-lain. Olahraga juga dapat mengatasi dan mengurangi masalah stress Anda. Karena tubuh yang selalu prima karena rajin berolahraga dapat menjauhkan diri kita dari stress.
6.  Bersyukur
Bersyukur adalah cara yang terbaik untuk menghadapi stress. Biasanya orang yang mengalami stress tidak mampu menerima cobaan dan pelajaran dari Allah SWT. Bersyukur akan membuat diri kita ingat akan apa yang kita miliki akan kembali ke Allah SWT. Apabila kita bersyukur menerima suatu cobaan atau masalah dengan pikiran yang positif bahwa dari cobaan dan pelajaran ini kita akan memetik hikmah yang bermanfaat bagi kita.
 7.  Dengarkan musik santai
Musik dapat menenangkan pikiran yang sedang diselimuti oleh bermacam-macam masalah.  Nikmatilah musik-musik favorit anda dan ikutlah bernyanyi untuk menenangkan diri dari kegelisahan maupun ketegangan serta mampu membantu menurunkan tekanan darah.
tips cara mengatasi stress
8.  Pijat
Pijat membantu anda untuk melepaskan ketegangan pada otot-otot Anda serta memperlancar aliran darah pada tubuh.
9.  Manfaatkan indera penciuman
Aroma yang menyegarkan seperti aroma bunga lavender, lemon, dan aroma chamomile akan memberikan efek rileks pada pikiran anda. Taruhlah pengharum tersebut di tempat yang sering Anda datangi seperti di rumah, kantor, dan mobil Anda.
tips cara mengatasi stress
10. Teh Hijau
Hindari minuman berkafein seperi kopi, karena hal ini dapat merangsang pikiran stress dalam diri anda. Sebaiknya minum teh hijau sebagai gantinya, karena teh hijau mengandung asam amino yang mampu melepaskan zat kimia dalam tubuh anda.

0 comments:

Post a Comment